Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Pandai-pandailah Bersyukur!

Oleh: Zulkifli

Syukur, suatu kata yang sangat berbobot sekaligus punya makna yang tak terhingga. Alloh telah menjamin dalam Al Quran bahwasannya siapa aja yang bersyukur maka Alloh akan menambah nikmat kepadanya. Sobat, sudahkan kita bersyukur? Sudahkah kita merasakan tambahan nikmat atas syukur kita? Apakah kita ingin dapat nikmat yang lebih besar lagi? Nggak usah mengeluh, mulailah perbanyak syukur! Asal tau aja yah, ada dua manfaat besar dari bersyukur. Keduanya bisa ngubah hidup kita jika kita berhasil ngedapetinnya.
Pahala dari Alloh. Jelas, bersyukur adalah perintah Alloh, kita akan mendapatkan pahala jika kita bersyukur dengan ikhlas. Menciptakan Feeling Good. Perasaan kita bisa lebih enak dan nyaman dengan bersyukur karena pikiran kita akan fokus ma kebaikan-kebaikan yang kita terima.

Apa Manfaat Feeling Good?
Sobat tau nggak tentang Hukum Daya Tarik (law of attraction), kurang lebihnya gini nih feeling good bisa nambah kekuatan kita menarik apa yang kita penginin. Kekuatannya sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif. Makin banyak kita bersyukur udah pasti makin banyak pula perasaan positif pada diri kita.

Dengan syukur, akan tercipta emosi yang positif yang berbuah pada motivasi. So, semakin kita bersyukur semakin besar pula motivasi yang kita dapetin.
Bersyukur akan membentuk pola pikir sukses. Pola pikir sukses adalah keyakinan dalam mendapatkan. Saat kita bersyukur, maka pikiran kita secara tidak sadar diberikan suatu “pola” mendapatkan, sehingga akan terbentuk pola sukses.

Dengan melihat ketiga manfaat dari feeling good, kita dapat nyimpulin kalo feeling good merupakan salah satu cara Alloh memberi nikmat tambahan kepada kita. Jika orang baru ribut dengan manfaat syukur pada akhir-akhir ini, Al Quran sudah 14 abad yang lalu njabarinnya. Sungguh suatu nikmat Alloh yang diberikan kepada kita, sayang jika kita mengabaikannya.

Cara Meningkatkan Syukur
Setinggi apa pun kita jadi hamba yang bersyukur, kita tetep perlu ningkatin rasa syukur kita. Jika kita baru bersyukur saat menambatkan nikmat berupa materi, ini adalah baru tahap awal jadi hamba yang pandai bersyukur. Untuk meningkatkan rasa syukur, kita harus lebih jeli dan peka terhadap berbagai nikmat yang diberikan Alloh kepada kita. Kurangnya kepekaan terhadap nikmat Alloh akan mengurangi syukur kita, sebab kita merasa tidak ada yang perlu disyukuri lagi. Meningkatkan kepekaan bisa dilakukan dengan melakukan perenungan terhadap apa yang terjadi pada hidup kita sehari-hari. Luangkan waktu kita setiap hari untuk merenungkan nikmat setiap harinya.

Setiap saat, kita mendapatkan nikmat baru. Satu detik waktu berlalu berarti kita mendapatkan nikmat hidup selama satu detik. Nafas kita, penglihatan kita, penciuman kita, detak jantung kita dan sebagainya yang tidak mungkin disebutkan disini.
Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, baik kejadian pada diri sendiri maupun orang lain. Sementara setiap saat selalu ada kejadian, berarti selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Sementara hikmah adalah suatu nikmat. Syukurilah.
So, sudahkah kita bersyukur hari ini?
[zul]

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan ber-koment-ria di sini! :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates