Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jilbab Syar'i



Assalamu’alaikum Ustadz!
Saya baru belajar make jilbab sekitar sebulan lalu, dan rasanya sungguh luar biasa! Tapi saya masih bingung nih, gimana sih sebenernya jilbab yang sesuai dengan anjuran Islam itu sendiri? Saya juga pengen tau apakah jilbab yang saya pake selama in sudah memenuhi kriteria tersebut? Terima kasih atas jawaban Ustadz! (Laily Ayu K.—Semarang--)

Wa’alaikumsalam warohmatullohi wa barokatuh.
Saudari Laily yang dirahmati Alloh Subhanahu wa ta’ala... saya bangga atas usaha Anda untuk mengetahui salah satu syariat Islam terutama bagi kaum wanita yaitu jilbab. Mengenai jilbab ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan penggunaannya yaitu:
  1. Jilbab tersebut semestinya menutupi seluruh rambut di kepala. Jangan sampai tersisa sedikitpun bagian rambut yang terlihat. Jilbab itu juga harus menutupi dada.
  2. Kenakan baju yang menutupi seluruh tubuh, tidak ketat sehingga memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh. Juga tidak terlalu tipis atau transparan.
  3. Tidak menggunakan warna yang mencolok sehingga mengundang perhatian.

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. (QS. Al-Ahzaab: 59)

"… dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka." (QS. An-Nur: 31).

Adapun yang dimaksud yang biasa nampak dalam ayat tersebut adalah muka dan telapak tangan. Demikian jawaban secara garis besarnya. Untuk lebih jelasnya insya Alloh akan ada pembahasan lebih lanjut di edisi-edisi berikutnya.
Wallohu a’lam bisshowab.

kirimkan pertanyaan sobat muslim via sms ke 024 7007 0511 atau ke alamat mail.muslim.soul@gmail.com insya Alloh pertanyaan-pertanyaan dari sobat muslim akan dijawab oleh Ustadz Taufiq El Hakim, Lc.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan ber-koment-ria di sini! :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates