Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sholat pun Butuh Rapi


oleh: zulkifli

Siapa yang gak kenal ma istilah Sholat? Pasti semua tau kan? (ih... kebangeten banget kalo sampe nggak tau!) Sholat pasti bukan barang asing lagi buat semua orang yang ngaku sebagai muslim karena sholat merupakan amalan wajib harian yang musti dipenuhin seorang hamba Alloh. Sholat juga merupakan media komunikasi antara mahluk dengan Robbnya juga momen menghadapnya hamba ma penciptanya. Dari sini kita bisa ngambil kesimpulan kalo sebenernya sholat itu momen yang spesial bagi setiap muslim. Dimana-mana yang namanya momen spesial pasti sayang banget kalo dilewatin gitu aja ato dijalanin tapi nggak ada persiapan khusus dan dibiarin berjalan apa adanya. Semua itu tak lain bakalan ninggalin penyesalan yang tak terhingga di akhir nanti. Maksudnya? Langsung ke poin utama aja ya! Betapa sering kita ngeliat jamaah di masjid-masjid yang make baju seadanya pas lagi sholat, iya nggak? Pake kaos oblong (ketat lagi), celana lusuh pun jadi buat sholat padahal kalo pergi ke kampus pake baju yang paling keren, nyetrikanya aja ampe ber jam-jam (pake setrika areng kali ya?!). lagian kan kita sering ngeliat di pintu-pintu kantor pelayanan atau administrasi tulisan “MAHASISWA YANG BERKAOS OBLONG / MEMAKAI SANDAL JEPIT TIDAK DILAYANI” wuuih... lha koq sholat malah dianggap sebagai hal yang lebih remeh dari sekedar pergi ke kampus atau ke tempat-tempat pelayanan umum. Belum lagi kalo kita mo ngadep “orang penting”, diundang guru atau dosen ke rumahnya buat acara kondangan aja milih bajunya mpe lama banget (saking bingungya gak punya baju kali ya?).
Sobat, hal ini barangkali bukan orang lain yang jadi aktornya tapi gak menutup kemungkinan kita juga bisa jadi pelakunya! Waspadalah... waspadalah!! (bang napi mode: ON) ups... maksudnya dari kasus yang disebutin di atas tadi, kita bisa ngambil pelajaran penting. Terutama dalam hal berpakaian ketika kita sholat baik itu di masjid ataupun di rumah (bagi perempuan atau laki-laki saat ngerjain sholat sunnah). Padahal Alloh lah yang menciptakan alam semesta, Alloh pula yang menentukan nasib kita, yang mengabulkan doa kita. Nah dari sini mestinya kita sadar, masa mau ngadep “orang penting” aja nggak berani pake baju sembarangan. Harusnya lebih nggak berani lagi ketika kita mo ngadep ama yang nyiptain orang-orang penting, yang nyiptain diri kita n nyiptain alam semesta yaitu Alloh Subhanahu wata’ala. Terkait dengan pakaian ini kita sebenernya dah diingetin ma firman Alloh berikut: “Hai anak adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.” (Al A’raf: 31)

So, kalo begitu masihkah kita menganggap remeh urusan berpakaian dalam sholat? "Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan, kesombongan adalah menolak kebenaran dan membenci manusia" (HR. Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan ber-koment-ria di sini! :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates